Home » , » Sesunggunya Azan Berkumandang Tanpa Henti

Sesunggunya Azan Berkumandang Tanpa Henti

Written By Unknown on Jumat, 28 Juni 2013 | 10.08

Taukah Anda Sesunggunya Azan Berkumandang di Dunia Tanpa Henti
Azan adalah tanda bagi umat muslim bahwa telah masuk waktu sholat. tahukah anda bahwa azan itu berkumandang sepanjang waktu, setiap detik di seluruh penjuru dunia. hal ini terjadi karena adanya perbedaan waktu dan letak geografis masing-masing wilayah daerah atau negara.

Sungguh menakjubkan seperti suaranya dan nyata bagi seluruh umat muslim di dunia. jika melihat pada peta dunia, kita akan menemukan bahwa indonesia terletak di bagian timur dari bumi. pulau-pulau besar di Indonesia adalah Jawa, kalimantan, Sumatra dan Sulawesi. perbedaan waktu satu tempat dengan tempat lain membuat azan menjadi tidak berhenti berkumandang. Contohnya saja, setelah azan magrib berkumandang di Sumatera, azan Isya mulai berkumandang di Sulawesi. Mari simak selengkapnya.

Segera setelah waktu fajar tiba pada bagian timur dari Sulawesi sekitar jam 05.30 waktu setempat, azan subuh berkumandang, ribuan muadzin mengumandangkan azan. Proses ini berlanjut sampai ke bagian barat Indonesia. Satu setengah jam kemudian setelah selesai azan di Sulawesi selesai, azan mulai di Jakarta, kemudian sumatera dan sebelum berakhir di Indonesia, azan mulai berkumandang di Malaysia. Kemudian di Burma sekitar 1 jam setelah Jakarta mulai azan, kemudian berlanjut ke Dakka, Ibukota Bangladesh. Setelah Bangladesh, berlanjut ke bagian barat India, dari Calcuta sampai ke Bombay dan seluruh India bergema. 

Srinagar dan sialkot, sebuah kota bagian utara Pakistan memiliki waktu azan yang sama. Perbedaan waktu antara Sialkot, Quetta dan Karachi adalah 40 menit dan dalam periode waktu tersebut azan subuh terdengar di seluruh Pakistan. Sebelum selesai di Pakistan, azan mulai di Afghanistan dan Muscat. Perbedaan waktu antara Muscat dan Baghdad adalah 1 jam. Azan berkumandang di Hijaaz al Muqaddas yang terdapat dua kota suci Mekkah dan Madinah, kemudian Yaman, Uni Emirat Arab, Kuwait, dan Irak. Perbedaan waktu antara Baghdad dan Alexandria di Mesir adalah 1 jam. Kemudian berlanjut ke Syria, Mesir, Somalia, dan Sudan. Perbedaan waktu antara barat dan timur Turki adalah satu setengah jam.

Alexandria dan Tripoli, ibukota Libia memiliki perbedaan waktu 1 jam. Proses panggilan azan berlanjut ke seluruh Afrika. sehingga gema azan yang telah dimulai dari indonesia hingga akhirnya mencapai Pantai Timur dari Samudera Atlantik memakan waktu 9 setengah jam.

Sebelum azan subuh mencapai Samudera Atlantik, azan dhuhur telah dimulai di bagian timur Indonesia, dan sampai di Dacca Bangladesh, azan ashar telah dimulai. Setelah mencapai Jakarta dalam waktu satu setengah jam kemudian waktu maghrib sampai di Sulawesi. Saat Muadzin mengumandangkan azan subuh, muadzin Afrika mengumandangkan azan Isya.

Video Kumandang Azan di Dunia Tanpa Henti
Insya Allah azan akan terus berkumandang di Seluruh dunia tanpa henti sampai hari akhir.
Share this article :

Posting Komentar

 
Pendukung : Kreasi Blog | Dwito
Dibuat © Juni-2013. Pecinta Anak Yatim Piatu
Tema Kreasi Oleh Dwito Publisher Oleh Dwito Pay
powered by Blogger